stasiun yang mati suri

stasiun yang mati suri
stasiun cianjur

Friday, June 19, 2015

Jenis kereta api di indonesia

Jenis Kereta Api di Indonesia

Sebagian dari kita mungkin hanya mengenal jenis kereta api penumpang yang memang banyak melintas di perlintasan kereta. Padahal PT KAI memiliki jenis kereta lain seperti Kereta Wisata, Rail One, Kereta Inspeksi dan lain-lain. Nah, pada tulisan ini kita akan membahas jenis-jenis kereta api yang ada di Indonesia. Selamat menyimak ya .... :) 
Berdasarkan jenis tenaga penggerak (propulsi) yang digunakan, kereta api di Indonesia dibagi menjadi sebagai berikut :
  • Kereta Api Uap 1
kereta api uap
Kereta Api Uap adalah kereta api yang digerakkan dengan tenaga uap air yang dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara ataupun minyak. Istilah "kereta api" sendiri berasal dari kereta jenis ini yang tenaganya dihasilkan dari air yang dipanaskan dengan api. Jadi untuk jaman sekarang sebenarnya tidak pas jika kita katakan kereta api, sedangkan tenaga penggeraknya adalah mesin diesel atau listrik, yang tidak menggunakan "api".
Karena kemajuan zaman, kereta jenis ini sudah tidak lagi beroperasi di Indonesia, kecuali digunakan sebagai kereta wisata di Sumatera Barat dan Ambarawa.
  • Kereta Api Diesel
kereta api diesel
Kereta Api Diesel adalah kereta api yang digerakkan dengan lokomotif yang bermesin diesel dan berbahan bakar solar. Kereta Api jenis inilah yang banyak dipakai di Indonesia terutama untuk kereta api jarak jauh.
  • Kereta Rel Listrik
kereta rel listrik
Kereta Rel Listrik adalah kereta api yang digerakkan dengan tenaga dari motor listrik. Kereta ini ditandai dengan adanya perangkat tambahan di atas gerbong yang selalu menempel pada jaringan kawat bermuatan listrik di atas sepanjang rel kereta api. Kereta jenis ini hanya beroperasi di Jabodetabek dan menjadi bagian dari armada Commuter Line.
Berdasarkan jenis penggunaan, kereta api di Indonesia dibagi menjadi :
  • Kereta Api Penumpang
kereta api penumpang
Kereta Api Penumpang tentunya memiliki fungsi utama untuk mengangkut penumpang dari stasiun keberangkatan ke stasiun tujuan. Rangkaian Kereta Api Penumpang biasanya terdiri dari Lokomotif, Kereta Penumpang, Kereta Makan, Kereta Pembangkit dan Kereta Bagasi. Kereta Api Penumpang ini selanjutnya dapat dibagi berdasarkan kelasnya menjadi :
Sedangkan menurut jarak tempuhnya, Kereta Api Penumpang dibagi menjadi :
  • Kereta Api Jarak Jauh
  • Kereta Api Lokal/ Komuter
  • Kereta Api Barang
kereta api barang
Kereta Api Barang sesuai namanya adalah kereta api yang difungsikan untuk mengangkut barang seperti kargo, semen, pupuk, batu bara, minyak, peti kemas dan lain-lain.
  • Kereta Wisata
kereta wisata
Kereta Wisata adalah layanan khusus dari PT KAI bagi konsumen yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api secara rombongan. Jadi pelanggan minimal harus menyewa satu gerbong kereta untuk bisa menikmati layanan ini. Kereta Wisata ini dioperasikan oleh Indorailtour sebagai bagian dari manajemen PT KAI. Kereta Wisata ini biasanya digunakan untuk perjalanan wisata ataupun alternatif transportasi ketika ingin mudik bersama ketika lebaran.
  • Kereta Api Rail One
kereta api rail one
Kereta Api Rail One adalah kereta api diesel yang dimiliki PT KAI dan digunakan khusus untuk Presiden Indonesia ataupun pejabat pemerintahan yang akan melakukan inspeksi ke wilayah tertentu di Pulau Jawa. Kereta ini hanya terdiri dari dua gerbong kereta dan termasuk dalam kategori Kereta Luar Biasa.
  • Kereta Inspeksi
kereta inspeksi
Kereta Inspeksi (Kais) juga termasuk Kereta Luar Biasa yang dimiliki oleh PT KAI. Kereta yang salah satunya diberi nama Wijayakusuma ini berfungsi untuk dipakai oleh pejabat PT KAI yang akan melakukan inspeksi ke stasiun tertentu atau sebagai pembuka jalan ketika Kereta Api Rail One akan melintas. Kereta ini hanya terdiri dari satu gerbong saja, jadi menyatu antara lokomotif dengan gerbong yang ditarik.

No comments:

Post a Comment